Rabu, 27 Agustus 2014

Fiat Chrysler Kejar Sukses di Asia

// // Leave a Comment
Detroit, KompasOtomotif - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) baru saja mengumumkan rencana jangka pendek perusahaan dalam lima tahun ke depan di Detroit, Jumat (9/5/2014), langsung oleh bos Sergio Marchionne. Perusahaan kolaborasi Italia dan Amerika Serikat itu mengakui kalau perusahaannya belum sukses di Asia.

Sejumlah analis memprediksi, ambisi FCA di pasar global hanya bisa sukses kalau grup otomotif terbesar ketujuh di dunia itu bisa "memeluk" Asia dengan erat, khususnya China. Memang FCA terbilang pemain baru di China, tetapi saat ini total pangsa pasar perusahaan di seluruh kawasan Asia Pasifik, hanya 0,6 persen.

"Tidak hadir di Asia sama saja dengan tidak menikmati setengah dari pasar mobil global. Ini menjadi masalah besar bagi Fiat," jelas Andrea Giuricin, analis dari Universitas Bicocca, Milan, Italia, dilansir Bloomberg.

"Bukan berarti kami pesimis, tetapi lebih realistis. China itu merupakan pasar yang sangat rumit dan sudah banyak merek lain yang lebih sukses di sana," tambah Namrita Chow, analis dari IHS Automotive.

Ambisi 
FCA mengumumkan rencana menyuntikkan dana investasi baru 55 miliar dollar AS untuk menjadikan Alfa Romeo, Maserati, dan Jeep menjadi merek global. Selain itu, berambisi memperbesar keuntungan perusahaan dua kali lipat dalam lima tahun mendatang.

Target ini disampaikan CEO FCA, Sergio Marchionne, yang juga mengatakan mengejar target penjualan 7 juta unit mobil pada 2018. Keuntungan perusahaan diharap mencapai 8,7 miliar sampai 9,8 miliar euro pada tahun yang sama, melesat dari hasil tahun lalu cuma 3,5 miliar euro.

Tiga Pasar
Selama ini FCA hanya mengandalkan tiga pasar utama di dunia, yaitu Amerika Serikat, Eropa, dan Brasil. Masalahnya, kondisi perusahaan di Eropa juga belum sepenuhnya pulih dari kondisi pasar yang tiarap dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, pasar mobil di Brasil juga tengah melambat.

Sergio Marchionne mengakui kalau Asia merupakan pilar utama yang disiapkan FCA untuk mengejar target perusahaan. Fokus utama akan condong pada China dengan upaya memproduksi lebih banyak model Fiat dan lokalisasi Jeep.

Kantor Pusat
Selain itu, Marchionne juga mengumumkan kalau FCA akhirnya memutuskan kantor pusat baru di London, Inggris dan meninggalkan Auburn Hills, Michigan (kantor pusat Chrysler) dan Turin, Italia (kantor pusat Fiat) sebagai pilihan utama. 

"Jika Anda memilih Detroit, akan mengganjal perasaan orang dari Fiat, kalau di Turin akan membuat orang Chrysler juga buruk. Dengan langkah ini lebih baik, karena letakknya netral," beber Marchionne.

0 komentar:

Posting Komentar