Rabu, 10 September 2014

Generasi Baru Toyota Kijang Siap Meluncur Tahun Depan

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif — Ada yang menarik ketika Toyota mengumumkan kinerja ekspor komponen otomotif ke-100.000 kontainer di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (20/6/2014). Salah seorang pengisi acara dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Toyota tengah mengerjakan proyek full model change dari Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV).

IMV sendiri adalah salah satu platform kendaraan yang diciptakan Toyota dan digunakan untuk memproduksi tiga model utama, yakni Fortuner, Hilux, dan Innova. Perkataan ini memperkuat informasi yang beredar bahwa Indonesia akan melahirkan generasi baru Kijang Innova tahun depan.

"Rencananya tahun depan," ujar sumber internal Toyota Indonesia kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Ketiga model IMV ini (Fortuner, Innova, dan Hilux) sudah dipasarkan di pasar domestik Indonesia sejak 2004. Usia kendaraan ini sudah 10 tahun di pasar dengan mengandalkan penyegaran-penyegaran tampilan (facelift) atau tambahan pilihan varian (diesel atau bensin). Artinya, memang sudah ada waktunya dilakukan perubahan total alias full model change.

Basis produksi
Saat ini Indonesia sudah ditunjuk Toyota sebagai basis produksi Innova dan Fortuner mencakup wilayah Asia Tenggara. Sementara Thailand bertanggung jawab atas produksi pikap Hilux. Selain itu, dua negara lain yang ditunjuk sebagai basis produksi model IMV adalah Argentina dan Afrika Selatan.

Selain menggarap pasar domestik masing-masing, keempat negara ini juga mengekspor kendaraan itu ke beberapa negara lain di Asia, Eropa, Afrika, Pasifik, Amerika Tengah, Selatan, dan Timur Tengah. Komponen utama berupa mesin diesel diproduksi di Thailand, sementara Indonesia memproduksi tipe bensin. Transmisi dipasok dari Filipina dan India.

Konfirmasi
Menyangkut persiapan peluncuran generasi terbaru IMV, KompasOtomotif coba mengonfirmasikannya kepada salah satu petinggi TMMIN, sebagai perakit Kijang Innova dan Fortuner. Sayang, Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, masih belum mau menjelaskan lebih lanjut mengenai persiapan ini.

"Kijang Innova memang salah satu produk andalan kami di Indonesia, tetapi soal model baru saya baru mendengarnya pertama kali. Anda sepertinya lebih tahu," kelakar Nonami di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (20/6/2014).

0 komentar:

Posting Komentar